Software Yang Dibutuhkan Untuk Pemrograman PHP


Software Yang Dibutuhkan Untuk Pemrograman PHP

 
Untuk mempelajari bahasa pembrograman PHP tentu kita membutuhkan software penunjang, software tersebut digunakan untuk mempermudah proses belajar. Bahasa pemrograman PHP ini popular di kalangan developer website, maka tentu banyak yang menggunakannya.
PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) biasanya sering di gabungkan dengan database karena tidak lengkap rasanya website tanpa penyimpanan data. Database yang biasa digunakan adalah sql seperti mysql. Berikut daftar software atau aplikasi yang dibutuhkan untuk belajar PHP.


1. Apache Server dan Database Server

Seiring dengan berkembangnya dan semakin terkenalnya bahasa pemrograman PHP, banyak developer yang mengembangkan server yang dapat digunakan untuk menjalankan bahasa tersebut. Dengan menggabungkan beberapa fitur yang sering digunakan dalam pembuatan web, mereka berlomba-lomba agar software mereka dapat menarik dan dapat membantu pemula seperti kita untuk menggunakan PHP tanpa harus mengisntall satu persatu komponen yang dibutuhkan. Berikut salah satu aplikasi apache server yg telah digabungkan dengan database server untuk mempermudah.

  • XAMPP 


XAMPP adalah server apache yang telah dilengkapi dengan MariaDB, PHP, and Perl. Program ini juga open source dan mudah untuk digunakan. Software ini adalah server apache yang pertama kali saya gunakan untuk belajar PHP. Xampp juga dapat digunakan pada beberapa operating system seperti windows, linux dan OS X. Dengan dokumentasi yang ada di websitenya saya rasa sudah cukup untuk dapat mempelajari cara kerja software ini.

2. Code Editor

Code editor atau text editor adalah software yang dapat kita gunakan untuk mempermudah pengetikan kode kita. Kita mungkin dapat menggunakan notepad dalam menuliskan kode, namun keterbatasannya adalah tidak ada yang membedakan antara variable, fungsi dan class. Dalam code editor, hal tersebut diberi warna berbeda (disebut syntax highlighting) sehingga memudahkan kita mengidentifikasi jenisnya.

Selain itu pada beberapa code editor dilengkapi dengan tambahan info mengenai fungsi yang kita gunakan dan variable apa saja yang dibutuhkan. Dengan begitu penulisan kode kita akan memakan waktu lebih cepat. Berikut adalah salah satu software code editor yang sering digunakan.
  • Notepad++
Notepad++ adalah code editor yang gratis, ringan dan serbaguna. Walaupun fiturnya tidak selengkap editor lain, namun penggunanya sangat banyak. Saya juga salah satu penggemar software ini. Tidak hanya PHP, software ini juga mendukung bahasa pemrograman lain serta bahasa markup. Namun software ini hanya dapat digunakan di windows.

3. Browser

Karena PHP adalah bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website, maka untuk melihat hasil dari website yang kita buat tentu memerlukan software browser. Anda pasti sangat akrab dengan Google Chrome, firefox atau Internet Explorer. Ketiga browser itu adalah yang paling sering digunakan. Selain ketiga browser tersebut, kita pasti pernah mendengar opera, uc browser dan lain sebagainya.

Untuk browser saya sarankan anda untuk memiliki beberapa browser karena tampilan pada tiap browser bias jadi dapat berbeda. Anda sebaiknya mengecek tampilan pada setiap browser sehingga pengguna website yang anda buat tidak mendapatkan hasil tampilan yang berbeda dengan apa yang anda lihat.

Selain melihat hasil pekerjaan kita dalam menggunakan bahasa PHP, kita juga dapat menguji web atau aplikasi yang kita buat. Apakah web tersebut rentan terhadap serangan atau tidak, memiliki celah dalam keamanannya atau tidak dan lain sebagainya.




Sumber :
https://www.referensibebas.com/2017/02/software-yang-dibutuhkan-untuk-belajar-php.html


Demikianlah beberapa software pendukung untuk belajar pemrograman PHP, semoga bermanfaat. 😄

Comments

  1. Software Yang Dibutuhkan Untuk Pemrograman Php >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Software Yang Dibutuhkan Untuk Pemrograman Php >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Software Yang Dibutuhkan Untuk Pemrograman Php >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK qK

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penjelasan dan Tutorial Lengkap Cara Membuat Wajan Bolic

Pengertian dan Cara Membuat Use Case Diagram pada Star UML

Model Sekuensial Linier atau Waterfall Development Model